Media

Kades Dermaji Berbagi Pengalaman Praktik Tata Kelola Desa pada Rakornas Pemberdayaan Desa yang Diselenggarakan Kemenko PMK

DERMAJI.DESA.ID – Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho, Rabu (30/11/2016) menjadi salah satu narasumber pada acara Rapat Koordinasi Nasional Pemberdayaan Desa dan Kawasan Perdesaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) di Hotel Grand Mercure, Jakarta.

Rakornas yang diselenggarakan selama sehari itu dihadiri oleh lebih dari 60 orang Kepala Bappeda Provinsi, 60 orang Kepala Bappeda dan Bapermas/BPMD Kabupaten. Selain itu hadir juga Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan Kemenko PMK, I Nyoman Shuida; Deputi Pengembangan Regional Bappenas; Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan; Dirjen Bina Pemerintah Desa Kemendagri; Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes PDTT; Pejabat Eselon I K/L terkait; dan mitra-mitra pembangunan.

Rakornas dibuka oleh Sekretaris Kemenko PMK, Y.B. Satya Nugraha mewakili Menteri Koordinator PMK. Dalam sambutan pembukaannya, Seskemenko PMK manyampaikan bahwa tujuan dari rakornas adalah sebagai salah satu upaya mengoordinasikan, menyinkronisasikan dan mengendalikan pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, serta dalam rangka meningkatkan peran Pemerintah Daerah dalam pemberdayaan desa dan kawasan perdesaan untuk pembangunan manusia dan kebudayaan.

Pada kesempatan itu Kades Dermaji ikut berbagi pengalaman praktik tata kelola pembangunan desa. Bayu mengatakan bahwa pelaksanaan UU Desa tidak hanya sekedar menyangkut soal bagaimana mengelola Dana Desa dengan penuh tanggung jawab, yakni partisipatif, transparan, dan akuntabel saja tetapi pelaksanaan UU Desa menyangkut persoalan bagaimana asas rekognisi serta subsidiaritas itu dijalankan secara konsekuen dan konsisten.

Dalam konteks itu, lanjut Bayu, menjadi penting bagi sebuah desa untuk lebih mengenali dirinya, mengenali potensinya, sehingga dari mengenali diri itulah bisa dibangun apa sesungguhnya yang menjadi mimpi masyarakat desa.
Bayu kemudian menjelaskan strategi-strategi yang ditempuh oleh Desa Dermaji untuk mewujudkan mimpi bersama yang sudah terdokumentasikan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa).

Selain Kepala Desa Dermaji hadir juga sebagai narasumber lain, yaitu Bupati Luwu Utara Sulawesi Selatan, Bupati Pinrang Sulawesi Selatan, Kepala Bappeda Pacitan Jawa Timur yang mewakili Bupati Pacitan, serta Kepala Bapermades Provinsi Jawa Tengah yang mewakili Gubernur Jawa Tengah.

Sumber: www.dermaji.desa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.